Membuat CRUD mahasiswa dengan PHP dan MySQLi untuk menampilkan data || Dari Creat-delete pada Windows

 

Membuat CRUD dengan PHP dan MySQLi- Menampilkan data

Nama : Mulyana

NPM : 194244

 

Pada proses pembuatan CRUD ada beberapa hal yang harus kita persiapkan yaitu ;

a.      1.  Web server (XAMPP) pada windows jika kita menggunakan windows

b.      2. Browser

c.      3.  Text editor

Selain itu juga kita juga harus mengetahui apa saja dasar yang akan kita gunakan seperti pengertian CRUD dan MySQLi.

1.      Pengertian CRUD

CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, Delete. CRUD merupakan istilah dari proses penginputan data ke database(insert), menampilkan data dari database(read), mengedit atau mengubah data pada database (update), dan menghapus data dari database(delete).

2.      Pengertian MySQLi (i=invention)

Bisa dikatakan adalah fitur atau fungsi terbaru dari mysql, kabarnya mysqli lebih cepat dan lebih aman dari pada mysql. Jadi kita bisa menyimpulkan mysqli adalah pengembangan dari mysql, mysqli dibuat agar proses membuat database lebih cepat dan aman. Seperti yang kita ketahui, sekarang php sudah sampai pada versi 7, di php 7 sudah mengharuskan kita menggunakan mysqli, karena mysql sudah tidak didukung dengan berbagai alas an seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Oke langsung saja kita akan melakukan praktikumnya

Langkah kerja

1.     1. Aktifkan terlebih dahulu web server(xampp)

 


2.kita bisa akseshttp://localhost/phpmyadmin dan buat database akademik yang di dalamnya terdapat table mahasiswa dan lainnya sesuai kebutuhan.

1.

3. Membuat database akademik dan terdapat table mahasiswa
4. Membuat table mahasiswa yang isinya ada id, nama, NPM dan alamat jangan lupa juga pada id di auto increment dan primary.


5. tambahkan isi pada table mahasiswa dengan klik insert atau tambahkan, lalu tadi kenapa id di kosongkan nah itulah fungsinya dari auto increment di centang dan menjadi primary key.

1.    

6. Kitab sudah berhasil menambahkan satu data mahasiswa yang bernama MUlyana.

Menghubungkan PHP dengan Database menggunakan MySQLi

Untuk membuat CRUD, tahap awal yang harus kita lakukan adalah membuat file koneksi terlebih dahulu, kemudian kita menampilkan data dari database.

1.      Buat folder terlebih dahulu di local disk C atau dimana kita menginstal XAMPP. Caranya ke Xampp àhtdocs nah disinilah kita bisa membuat foldernya dengan nama “Belajar Crud” bisa dengan klik kanan kemudian pilih new atau langsung pilih new folder




2.   Buka folder tersebut pada text editor bisa dengan notepad bawaan windows, notepad++, vs code, sublime text3. Namun saya menggunakan sublime text. Bisa di drug and drop atau kita buka dahulu text editornya kemudian pilih open folder dimana tadi kita menyimpan folder Belajar CRUD.



3. Di dalam folder tersebut langkah pertama kita membuat file baru dengan nama koneksi.php



4. Program pada file koneksi.php, dan jangan lupa pada $koneksi = mysqli_connect(“localhost”, “root”, “”, “akademik”); pada kutif setelah root jangan dikasih spasi jika dikasih nantinya akan terjadi error dan setelah itu kita tujukan ke database yang dituju karena yang dituju akademik maka isikan akademik.


5.   Setelah membuat file koneksi, selanjutya kita kita buat file php untuk menampilkan data mahasiswa dari database dengan mysqli, dengan nama index.php

Setelah itu save kedua file php tersebut .

6. Cek apakah sudah terhubung dengan baik antara file index.php dengan koneksi.php, buka browser ketikan “localhost/nama folder yang sudah kita buat”


dan enter

1.      Selanjutnya untuk menambahkan database kita harus membuat file tambah.php

7.    Selanjutnya untuk menambahkan database kita harus membuat file tambah.php



8. Kita cek terlebih dahulu untuk menambahkan data mahasiswa

Namun sebelum kita menambahkan kita terlebih dahulu harus membuat file tambah_aksi.php jika belum membuat dan di coba menjalankan kirm atau simpan akan terjadi error

9. Membuat file tambah_aksi.php



Kita coba inputkan data mahasiswa


hasilnya


Pada file index.php sebelumnya kita telah menambahkan link edit.php maka yang mengirimkan data menggunakan method GET. Selanjutnya membuat sebuah file dengan nama edit.php


Selanjutnya kita buat terlebih dahulu file update.php

Selanjutnya kita membuat file hapus.php untuk menjalankan agar data yang sudah di inputkan dapat di hapus yang sebelumnya sudah kita buat link pada index.php yaitu hapus.php.

setelah di hapus




























Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat CRUD mahasiswa dengan PHP dan MySQLi untuk menampilkan data || Dari Creat-delete pada Windows"