Pengertian Protocol Web tugasku




Pengertian Protocol Web


PROTOCOL WEB

1. Pengertian Protocol Web

Protocol dalam ilmu komputer berarti seperangkat peraturan atau procedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik. Agar komputer satu dengan komputer yang lain dapat terhubung atau dapat bertukar informasi, dan tentuny harus sudah ada persetujuan sebelumnya antar perangkat bagaimana struktur informasi dipertukarkan.
Protocol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah jaringan koputer, seperti misalnya ingin mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus di penuhi oleh sisi pengirim supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda. Sedangkan definisi lain dari Protocol adalah perangkat aturan yang dipakai di dalam jaringan, protocol ialah suatu aturan main yang menata atau mengatur komunikasi antar beberapa komputer dalam sebuah jaringan sehingga komputer pengguna dari jaringan dan komputer yang berbeda flatform dapat saling mengirimkan dan saling berkomunikasi.

2. Fungsi Protocol

Fungsi dari protocol secara umum yaitu sebagai penghubung di dalam komunikasi data atau informasi, sehingga proses penukaran data atau informasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar.

3. Karakteristik Media Transmiter

Media transmiter haruslah efisien, karakteristik dari media transmiter diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Besar dari data yang dapat di tampung atau sering disebut juga dengan bandwith
  2. Daya yang dapat ditampung
  3. Waktu yang di tempuh

4. Jenis Protocol

a. Protocol Ethernet

Yaitu protocol yang sering digunakan sampai saat ini, metode akses yang dipakai oleh Ethernet disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collion Detection) adalah sebuah sistem yang dimana setiap komputer menunggu intruksi melalui kabel sebelum mengirimkan data atau informasi melalui jaringan. Jai kalau jaringan tidak sibuk, barulah komputer tersebut akan menyampaikan informasi atau data. Tapi apabila suatu node lain sudah menyampaikan pesan melalui kabel, maka komputer tersebut akan menunggu dan akan mencobanya kembali setelah rute mengijinkan. Kadang ada dua komputer yang mengirimkan pesan secara bersamaan, jika kejadian seperti ini maka akan terjadi tarbrakan data yang di sebut dengan istilah collision.

b. TCP/IP

TCP/IP merupakan singkata dari Transmission Control Protocol adalah standar dari komunikasi data yang dipakai oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data atau informasi dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam jaringan internet. Protocol jenis ini tidak dapat berdiri sendiri, sebab protocol ini berupa kumpulan protocol. Protocol jenis juga merupakan protocol yang sering digunakan untuk sekarang ini, data tersebut di impelementasikan ke dalam bentuk perangkat lunak atau software di sistem operasi, istilah yang di berikan kepada software ini adalah TCP/IP stack. Protocol ini dikembangkan pada dekade 1970-an sampai dengan awal 1980-an sebagai protocol stadar untuk menghubungkan komputer -komputer dan jaringan dalam membentuk suatu jaringan yang luas khususnya jaringan WAN.

c. UDP

UDP yaitu singkatan dari User Datagram Protocol adalah salah satu protocol lapisan transpor TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang tdak andal(unreliable), tanpa adanya koneksi antar host-host dalam suatu jaringan yang menggunakan TCP/IP.

d. RTP

RTP yaitu singkatan dari Real Time Protocol yang dirancang untuk menyediakan fungsi-fungsi transport jaringan ujung ke ujung untuk aplikasi yang mengirimkan data secara real time, seperti misalnya data audio dan video, melalui layanan jaringan multicast atau layanan unicast.

e. FTP

FTP yaitu singkatan dari File Transfer Protocol. Protocol ini juga sering digunakan untuk melakukan upload maupun men- download file. Keamanannya didasarkan kepada username dan juga password, tapi terkadang anonymous login juga sering diperbolehkan.

f. HTTP

HTTP yaitu singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Protocol ini juga sering dipakai untuk transfer halaman web, sebelumnya banyak orang yang memakai protocol gopher akan tetapi gopher hanya mendukung text saja, sehingga protocol HTTP seiring waktu berkembang dan digunakan oleh orang banyak.

g. DHCP

DHCP yaitu singkatan dari dynamic host configuration protocol, maksud dari DHCP yaitu jika mendapatkan suatu cable-connection dengan menggunanakn DHCP, maka akan mendapatkan alamat IP yang berasal dari ISP(Internet service Provider) yaitu penyedia layanan internet. Jadi, protocol ini berfungsi untuk memberikan IP (internet protocol secara otomatis.

h. DNS

DNS yaitu kepanjangan dari Domain Name System adalah distribute database sistem yang dipakai dalam pencarian nama komputer(name resolution) di dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS juga dapat digunakan pada aplikasi yang terhubung ke jaringan internet, misalnya seperti web browser ataupun e-mail, yang dimana DNS dapat membantu memetakan host name dari sebuah komputer ke IP address.

i. ICMP

ICMP yaitu singkatan dari internet control message protocol adalah ICMP ini memiliki tujuan yang berbeda dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langasung oleh aplikasi jaringan milik pengguna.


j. IMAP

IMAP yaitu singkatan (Message Access Control) adalah protocol standar untuk mengakses atau mengambil e-mail yang berasal dari server, IMAP memungkinkan pemakainya untuk memilih pesan e-mail yang akan di ambil, membuat suatu folder di server, mencari pesan dari e-mail tertentu, dan menghapus pesan e-mail yang sudah ada.

k. HTTPS

HTTPS yaitu singkatan dari hyper text transfer protocol secure, adalah versi aman dari HTTP (hypertext transfer protocol) protocol komunikasi yang berasal dari WWW (world wide web ) protocol ini ditemukan.
Baca juga perbedaan HTTP dengan HHTPS




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Protocol Web tugasku"